Contoh Makalah Tugas Bahasa Indonesia



SOFTWARE APLIKASI KOMPUTER
Disusun untuk Memenuhi Mata KuliahTugas Bahasa Indonesia
Dosen Pengampu : Aurigha Maulana Khasan M.Pd





Oleh: Jazim Abdillah (TI11505)

PROGRAM STUDI TEKNIK INFORMATIKA
UNIVERSITAS MAARIF NAHDHATUL ULAMA
2016


BAB I
PENDAHULUAN

A.    Latar Belakang Masalah
Komputer merupakan kombinasi perangkat keras (hardware) dan perangkat lunak (software). Perkembangan komputer pada masa sekarang menjadi sangat pesat dalam perangkat lunak, terutama pada perangkat lunak aplikasi. Dengan perangkat keras yang ada, pengguna komputer dapat menggunakan perangkat lunak dari banyak versi dari yang lama hingga yang terbaru. Dalam beberapa kasus, penggunaan software yang tidak sesuai dengan hardware dapat menjadikan komputer tidak berjalan atau bahkan rusak. Hal ini masih sangat awam bagi banyak pengguna komputer. Melihat hal tersebut, sangat diperlukan pemahaman tentang software agar penggunaan komputer dapat berjalan aman dan bermanfaat dengan maksimal.
B.     Rumusan Masalah
Dari latar belakang masalah di atas, penulis dapat merumuskan masalah sebagai berikut.
            1.      Apakah pengertian software aplikasi?
            2.      Apakah kegunaan software aplikasi?
            3.      Bagaimanakah penggunaan software aplikasi yang aman dan berdaya guna maksimal?
C.     Tujuan Penulisan Makalah
Dari beberapa masalah di atas, penulisan makalah ini bertujuan untuk :
            1.      Mengetahui tentang pengertian software.
            2.      Mengetahui kegunaan software aplikasi.
            3.      Mengetahui cara penggunaan software aplikasi yang aman dan berdaya guna maksimal.





BAB II
PEMBAHASAN

          1.      Pengertian Software Aplikasi
Pengertian komputer secara umum adalah seperangkat alat elektronik yang digunakan untuk mengolah data. Seperangkat alat tersebut didesain dan diberi program agar dapat mengerjakan pengolahan data yang diinginkan oleh pengguna. Program yang dimasukkan tersebut disebut sebagai software. Tanpa software, komputer hanya merupakan rangkaian elektronik yang tidak dapat mengerjakan pengolahan data, bahkan untuk jenis software sistem, tanpanya komputer tidak dapat dihidupkan. Software sering diistilahkan dalam bahasa Indonesia dengan perangkat lunak, yang merupakan partner kerja bagi perangkat elektronik yang diistilahkan dengan perangkat keras atau hardware.
Pengertian software menurut Yovi,Muhammad (2014)  adalah “sekumpulan data-data elektronik yang disimpan serta diatur oleh komputer. Data-data elektronik yang disimpan tersebut dapat berupa program ataupun instruksi yang akan menjalankan berbagai macam perintah.” Kinerja komputer sangat bergantung dan akan berjalan sesuai software yang diatur di dalamnya.
2.      Kegunaan software
Secara umum kegunaan software adalah mengerjakan apa yang diinginkan oleh pengguna terhadap komputer. Pekerjaan tersebut akan disesuaikan dengan kemampuan software tersebut. Satu software hanya memiliki kemampuan dalam satu bidang saja. Berdasarkan kegunaannya, software terbagi menjadi 3 jenis.
 a.  System software atau perangkat lunak sistem, yaitu kumpulan beberapa program yang    mengatur dan mengkoordinasikan perangkat keras. Perangkat lunak ini bersinggungan langsung dengan perangkat keras. Seperti dijelaskan oleh Kusworo (2015) bahwa software sistem inilah yang akan mengaktifkan seluruh perangkat yang terpasang pada komputer sehingga dapat saling berinteraksi. Tanpa sistem operasi, komputer tidak dapat berfungsi sama sekali.
b.      Program utility atau program bantu, yaitu perangka lunak yang berfungsi memenuhi kekurangan dari perangkat lunak sistem. Software ini sangat membantu untuk mengatasi masalah sistem pada komputer.
c.       Apllication software atau perangkat lunak aplikasi, yaitu perangkat lunak yang berfungsi untuk mengerjakan tugas secara tertentu sesuai kebutuhan pengguna komputer. Beberapa contoh software aplikasi dari segi tugas yang dapat dikerjakan diantaranya:
1)      Aplikasi pengolah kata, contoh : Microsoft Word
2)      Aplikasi pengolah angka, contoh : Lotus, Excel dan Quattro Pro
3)      Aplikasi pengolah data, contoh : Fox Pro dan Ms Acces
4)      Aplikasi pengolah citra, contoh : Corel Draw dan Adobe Photoshop
5)      Aplikasi pemrograman, contoh : Delphi, Pascal dan Visual Basic
Masing-masing software aplikasi tersebut hanya dapat digunakan untuk mengerjakan satu tugas fungsi.
      3.      Penggunaan software yang aman dan berdaya guna maksimal
      Penggunaan software  pada komputer tidak boleh menggunakan metode asal. Kesalahan pemilihan penggunaan spftware dapat menjadikan komputer berjalan lambat, tidak bekerja, bahkan dapat membuat komputer mati. Pada sebagian kasus, hal tersebut bahkan berdampak pada kerusakan pada komponen komputer. Sebelum memasukkan software agar menjadi program dalam komputer harus diteliti jenis, sumber dan versi yang akan digunakan. Software harus disesuaikan dengan kemampuan komputer menampung jenis dan versi software yang akan disimpan. Seiring berjalannya waktu, banyak pembaharuan software agar lebih dapat melakukan banyak variasi bidang pekerjaannya. Beberapa hal yang harus diperhatikan dalam memilih software yang akan disimpan adalah,
a.       Memilih software yang terbaru dengan menyesuaikan komputer yang ada. Dengan versi yang terbaru, pekerjaan akan lebih banyak variasi dan kemudahan sehingga dapat menghasilkan pekerjaan yang lebih maksimal. Kesesuaian dengan perangkat komputer akan menjamin keamanan komputer dari kemungkinan kerusakan akibat penggunaan software yang keliru.
b.      Mengambil/membeli software yang asli dari agen resmi. Hal ini akan menjamin keaslian software yang digunakan sehingga keamanan atas kualitasnya juga terjamin.
c.       Mempersiapkan anti virus apabila terpaksa mengambil/mendownload dari internet. Sebelumnya, perlu diperhatikan juga website yang dikunjungi untuk mendownload software tersebut adalah website yang aman dan terpercaya.
d.      Pilih software yang tidak terlalu menyita banyak memori, karena hal itu akan memperlambat kinerja komputer.
e.       Kurangi bahkan hidari berbagi software dengan media penyimpanan flashdisk karena virus pada komputer atau software akan sangat mudah masuk dan terkopi pada komputer lain.











BAB III
PENUTUP

          A.    Simpulan
   1.      Software aplikasi adalah bagian komputer yang tidak terlihat, berupa program, data-data elektronik yang memiliki bidang pekerjaan tertentu untuk memenuhi apa yang dibutuhkan oleh pengguna komputer.
   2.      Software aplikasi berguna untuk mengerjakan satu bidang pengolahan data yang diinginkan oleh pengguna komputer.
3.      Penggunaan software aplikasi yang aman pada komputer harus memperhatikan beberapa aspek dari dalam dan luar komputer itu sendiri.
          B.     Saran
1.      Bagi para pengguna komputer, hendaknya teliti dalam menggunakan software pada komputer agar dapat menggunakan komputer dengan aman dan berdaya guna maksimal.
2.      Pelajari dan pahami apa yang perlu diperhatikan dan diabaikan bagi komputer.











DAFTAR PUSTAKA
          1.      Kusworo,Ari.2015.Pengantar Teknologi Informasi. Kebumen:Pentium.
          2.      Yovi,Muhammad.2014.”Pengertian Software”.http://woocara.blogspot.com/ 2014/05/pengertian-software-perangkat-lunak.html.Diakses 5 Januari 2016.
Previous
Next Post »
0 Komentar