Database MySQL Metode Console bagian 1

          Setelah mempelajari membuat beberapa file untuk basis data, selanjutnya diperlukan program untuk menyimpan data masukan dari program file basis data tersebut. Program ini dinamakan Basis Data. Dalam membuat Basis Data,kita dapat melakukannya melalui 2 metode yaitu console dan GUI ( Graphical User Interface ).

Untuk metode console, kita membuat basis data dengan menuliskan instruksi melalui sebuah software dengan masuk pada Run untuk OS Windows. Adapun membuat melalui metode GUI, kita cukup mengoperasikan sebuah software MySQL-front dengan mengikuti instruksi yang ada. Pada praktiknya, metode GUI pasti lebih mudah, karena hanya mengklik beberapa instruksi yang telah disediakan oleh software tersebut. Metode console mengharuskan seorang pembuat basis data untuk menghafal dan memahami urutan langkah dan membuat instruksi sendiri.

Pada kesempatan kali ini kita akan belajar metode console. Caranya dengan mengklik tombol Run pada pilihan menu start kemudian mengetik cmd maka kita akan masuk pada software seperti berikut :


Langkah selanjutnya kita harus memastikan masuk pada folder C:\xampp\MySQL\bin\
untuk masuk pada folder tersebut, urutan langkahnya kita mengetik beberapa hal berikut secara urut, tiap selesai satu instruksi kita tekan enter. Langkah instruksi tersebut yaitu :
  1. cd\
  2. cd xampp
  3. cd MySQL
  4. cd bin
Setelah melakukan 4 langkah tersebut maka akan muncul menjadi :


Bila telah pada langkah tersebut maka kita telah siap untuk membuat basis data dengan metode console.

Bersambung....


Previous
Next Post »
0 Komentar