Database MySQL Metode Console bagian 2

          Pada materi sebelumnya kita telah siap masuk pada persiapan untuk masuk pada MySQL untuk kemudian kita siap membuat basis data. Langkah selanjutnya adalah kita masuk ke MySQL untuk kemudian membuat basis data yang akan menjadi pusat informasi semua data yang disimpan untuk kemudian dapat kita akses untuk mengambil informasi yang kita perlukan. Urutan langkah selanjutnya yaitu :
mysql -u root -p kemudian enter,yang akan memunculkan form mrngisi password. Pada MySQL yang kita gunakan ini tanpa ada password, sehingga kita cukup menekan enter lagi maka kita sudah siap membuat basis data.

Instruksi membuat basis data yaitu :

create database nama_database;

usahakan nama basis data tidak menggunakan spasi. instruksi tersebut akan membuat basis data yang kita inginkan. sebagai contoh, kita akan membuat basis data Design yang merupakan database untuk usaha yang bergerak di bidang desain, maka instruksinya tertulis :
     mysql -u root -p
(klik enter)
     create database Design ;


Ketika sudah berhasil kita buat sebuah database, untuk mengisinya kita harus mengakses database tersebut untuk kita edit. instruksi yang dilakukan adalah :

use nama_database ;

pada contoh yang kita buat, instruksi ditulis :

use Design ;

Dengan instruksi tersebut, kita telah masuk pada database yang kita buat dan siap untuk membuat tabel database tersebut.


Database sangat identik dengan tabel yang berisi data-data, maka instruksi selanjutnya adalah membuat tabel dalam database.

bersambung dulu ya??
Previous
Next Post »
0 Komentar