Algoritma


       Dalam menjalani suatu hal, akan ada beberapa tahapan langkah yang harus dilewati untuk sampai pada tujuan/hasil dari hal tersebut. Ada kalanya sebuah langkah akan menempatkan seseorang di posisi di depannya, di atasnya, di bawahnya, atau bahkan posisi di belakangnya yang berarti dia harus kembali mengulangi langkah yang telah dilakukan. Beberapa tahapan langkah tersebut perlu direncanakan agar orang itu dapat mencapai sebuah posisi/tempat yang diinginkan.

       Dalam pembuatan sebuah program, tahapan langkah-langkah ini juga sangat penting. Sebuah program yang merupakan kumpulan beberapa instruksi yang akan dijalankan oleh komputer harus disusun agar dapat dijalankan dan mencapai pada hasil akhir yang diharapkan. Penyusunan tahapan langkah-langkah instruksi secara sistematis ini dinamakan sebagai algoritma. Dalam perkuliahan Teknik Informatika, Algoritma merupakan mata kuliah wajib yang menjadi dasar untuk memahami proses pembuatan sebuah program.

       Algoritma merupakan kata serapan dari bahasa barat algorithm. Kata ini berasal dari nama seorang penulis buku arab yang terkenal yaitu Abu Ja'far Muhammad Ibnu Musa Al Khuwairizmi. Kata Al Khuwairizmi bagi orang barat sehingga dibaca Algorism. Kata Algorism yang sering menjadi kekeliruan baca dengan kata arithmatic kemudian dibaca menjadi Algorithm dan diserap ke dalam Bahasa Indonesia menjadi Algoritma.

       Pemahaman algoritma dapat dipelajari dari konsep berikut,

  • Algoritma merupakan deskripsi urutan pelaksanaan suatu proses 
  • Algoritma tersusun oleh sederetan langkah instruksi yang logis 
  • Tiap langkah instruksi akan mengerjakan suatu tindakan (Aksi) 
  • Bila Aksi dilaksanakan, maka sejumlah operasi yang bersesuaian akan dikerjakan oleh CPU 
 Sebagai dokumentasi langkah instruksi yang sistematis, algoritma tidak terbatasi dalam satu bahasa pemrograman secara khusus. Algoritma dapat diterjemahkan ke dalam semua bahasa pemrograman. Hasil output semua bahasa pemrograman atas sebuah algoritma akan sama. Penulisan algoritma dapat menggunakan tata bahasa biasa, dalam bentuk pseduo code atau flowchart.

       Dalam metode tata bahasa biasa, algoritma ditulis layaknya sebuah paragraf deskriptif atas suatu urutan instruksi. Dalam metode psedou code, algoritma dituliskan dalam beberapa kode yang menyerupai kode suatu bahasa pemrograman. Dalam metode flowchart, algoritma akan disusun dalam sebuah diagram gambar khusus yang menunjukan proses instruksi yang akan dijalankan.


Flowchart


Psedoucode



Previous
Next Post »
0 Komentar