Computer Is


       A computer is a device that accepts information (in the form of digitalized data) and manipulates it for some result based on a program or sequence of instructions on how the data is to be processed. Complex computers also include the means for storing data (including the program, which is also a form of data) for some necessary duration. A program may be invariable and built into the computer (and called logic circuitry as it is on microprocessors) or different programs may be provided to the computer (loaded into its storage and then started by an administrator or user). Today's computers have both kinds of programming.

       http://searchwindowsserver.techtarget.com/definition/computer

       Sebuah perangkat elektronik yang sudah menjadi kebutuhan primer pada masa sekarang dan menjadi teknologi yang sangat membantu dalam kehidupan manusia. Sebuah komputer, apa yang terbayang dalam benak pembaca mendengar kata tersebut? Sebuah mesin dalam kemasan box yang berukuran cukup besar, tersambung pada sebuah monitor melalui beberapa kabel koneksi disertai sebuah papan keyboard untuk mengetik dan sebuah alat mouse yang dapat digerakkan untuk mengatur beberapa menu pada layar komputer seperti tangan? Ya, itu merupakan salah satu jenis komputer yang sangat banyak dijumpai.

       Definisi komputer sendiri adalah sebuah perangkat yang menerima informasi dalam bentuk data digital dan memanipulasi untuk hasil berdasarkan program atau urutan instruksi bagaimana data akan diproses. Hal ini berarti komputer akan menerima dan mengolah data digital untuk menjadi sebuah informasi berdasarkan pada program yang dijalankan atau. Data digital akan diproses sesuai urutan instruksi suatu program. Hasil olahan data digital tersebut akan ditampilkan dalam perangkat output sebagai produk dari komputer. Jadi semua perangkat yang dapat menerima data digital dan mengolahnya menjadi sebuah informasi yang dapat digunakan dapat dikatakan sebagai komputer. 

       Contoh komputer yang sederhana adalah mesin hitung (kalkulator). Prinsip kerjanya kalkulator menerima data instruksi dari pengguna yang diubah dalam bentuk data digital, mengolahnya sesuai instruksi pengguna dan menghasilkan sebuah perhitungan yang ditampilkan dalam layar kalkulator. Seperti halnya kalkulator, komputer pada awalnya merupakan sebuah mesin hitung. Asal kata komputer sendiri adalah kata dalam bahasa Inggris to compute yang berarti menghitung. Dalam perkembangan selanjutnya, komputer melakukan banyak pekerjaan seperti menulis, menggambar, menyimpan data, menganalisis dan banyak lagi. Beberapa jenis komputer bahkan digunakan sebagai tempat untuk bermain menghilangkan kejenuhan. Dalam beberapa koneksinya, komputer digunakan sebagai tenaga pengatur otomatis terhadap suatu pekerjaan fisik. Dalam dunia konveksi, ketika sebuah desain sudah disimpan dalam komputer, maka semua kegiatan pembuatan baju akan berjalan secara otomatis hingga menghasilkan sebuah baju dengan instruksi komputer. Campur tangan manusia hanya dalam menginput data masukan/desain yang akan dibuat.

       Pada masa awal, ditemukannya komputer masa kini adalah Electronic Numerical Integrator and Computer (ENIAC), yang dibuat oleh kerja sama antara pemerintah Amerika Serikat dan University of Pennsylvania. Terdiri dari 18.000 tabung vakum, 70.000 resistor, dan 5 juta titik solder, komputer tersebut merupakan mesin yang sangat besar yang mengonsumsi daya sebesar 160 kW. Selain ukuran yang besar dan daya yang boros, komputer ini juga hanya mampu melakukan perhitungan aritmatik yang sangat terbatas.

       Pada masa sekarang, komputer dibuat dalam ukuran yang sangat kecil dibandingkan masa ENIAC tersebut dan terus berlanjut dengan penambahan banyak kemampuan melakukan pekerjaan. Yang cukup marak adalah komputer dalam bentuk portable yang dapat dibawa pergi ke mana saja seperti laptop, notebook, dan sebagainya. Persaingan bisnis komputer juga menjadikan perkembangan teknologi komputer menjadi sangat pesat. Hal yang disayangkan adalah penyalahgunaan teknologi tersebut untuk kepentingan pribadi atau golongan yang dapat menjadikan ketentraman masyarakat dunia terganggu.
 












































































































































































Previous
Next Post »
0 Komentar