Terdidik dan Terlatih

Jamaah Dhuha Siswa MTs At-Tauchid bersama Kepala Sekolah




 "Seberat-berat  siksaan  seorang  manusia  di  hari  kiamat  adalah  seorang  yang  berilmu  namun  tidak  mengamalkan  ilmunya." (Al Hadits)

       Ilmu yang tidak diamalkan ibarat pohon yang tidak berbuah. Semua ilmu, tentunya memiliki hasil akhir berupa suatu praktik baik secara langsung atau tidak langsung. Hal ini berarti ada keseimbangan antara pengetahuan dan pengamalannya. Dalam pendidikan sekolah, seorang siswa sudah mendapatkan ilmu pengetahuan secara teori, namun diperlukan pelatihan praktik untuk lebih memahami materi dan menikmati hal yang mereka pelajari. Selain itu, diharapkan pelatihan tersebut dapat menjadi awal untuk keistiqomahan pada masa selanjutnya.

       Salah satu bentuk pelatihan pengamalan yang dijalankan oleh MTs At-Tauchid Jogomertan adalah dengan mengadakan kegiatan sholat dhuha berjamaah di setiap pagi hari. Pelaksanaan kegiatan tersebut mengambil waktu istirahat dan jam mata pelajaran praktik. Dengan ruangan yang terbatas, jamaah sholat dhuha tersebut dilaksanakan dalam beberapa tahap. Beberapa siswa kelas 7 berjamaah dengan Kepala MTs At-Tauchid pada awal tahap giliran sholat dhuha tersebut. Kelas 8 & 9 melakukan sholat dhuha berjamaah dengan imam salah satu siswa dari kelas mereka. Dengan keterbatasan ruang sholat yang mengambil sebagian ruang kantor guru yang disekat dengan dinding papan seadanya, siswa-siswi MTs nampak begitu antusias dan khidmat dalam menjalankan kegiatan sholat dhuha. Ruang yang sedianya akan digunakan sebagai musholla MTs sedang dalam kondisi rusak. Renovasi ruang tersebut masih dalam tahap rencana mengingat keterbatasan sumber dana di sekolah tersebut.

       Kegiatan ini terinspirasi dari kegiatan sholat dhuha di pondok pesantren At-Tauchid sebagai naungan dari MTs At-Tauchid. Terlepas dari keutamaan menjalankan sholat sunat tersebut, harapan Kepala MTs adalah generasi penerus bangsa yang tidak hanya terdidik ilmu agama, namun juga terlatih dan dapat istiqomah menjalankan apa yang mereka pelajari di sekolah dalam kehidupan sehari-hari. 

       Selain sholat dhuha, MTs At-Tauchid juga menggalakkan kegiatan mujahadah bersama pada setiap Jumat pagi dengan bacaan Surat Yasin. Kegiatan mujahadah tersebut dipimpin langsung oleh Kepala MTs dan diikuti oleh semua staf dan siswa MTs. Hal ini selain sebagai bentuk pelatihan juga menjadi pengenalan terhadap kegiatan yang berdasarkan pada Aqidah ASWAJA. Sebagai MTs yang menginduk pada pondok pesantren, diharapkan siswa lulusan MTs At-Tauchid juga memiliki pendidikan dan pelatihan beberapa kegiatan 'ala pesantren.

Semoga selain menjadi seorang yang berilmu, siswa juga menjadi seorang pengamal ilmu tersebut.


Previous
Next Post »
0 Komentar