Mengapa Teknik Informatika???



       Di era digital dan serba komputer, kemampuan seseorang dalam mengikuti perkembangan teknologi komputer sangat bersaing. Beberapa ada yang sekedar menjadi seorang pengguna teknologi komputer, menganalisis sistem komputer, dan ada pula yang sampai pada tingkat perancang sistem komputer. Salah satu jurusan perkuliahan yang mencetak seseorang menjadi perancang sistem komputer adalah Teknik Informatika. Sebuah jurusan yang dalam 5 tahun terakhir menduduki peringkat 2 minat para calon mahasiswa di banyak perguruan tinggi setelah kedokteran.

       Tingginya minat calon mahasiswa terhadap jurusan TI bukan tanpa dasar dan tujuan. Salah satu hal yang mendasari adalah adanya kebutuhan keahlian komputer yang sangat tinggi dalam era ke depan. Teknologi komputer bukan lagi menjadi kebutuhan sekunder, namun sudah naik peringkat menjadi kebutuhan primer bagi sebagian besar masyarakat dunia. Dengan teknologi yang memadai dan jaringan yang kuat, kemajuan banyak bidang kehidupan terasa sangat cepat. Teknologi komputer seolah sudah menjadi keniscayaan pada masa sekarang dan menjadi awal bagi  kemajuan teknologi selanjutnya.

       Informasi yang dihasilkan melalui teknologi komputer menjadi sangat banyak bahkan tidak terbatas. Banyak referensi untuk gaya hidup diperoleh dari situs internet yang merupakan produk teknologi komputer. Referensi dapat berupa sebuah tulisan hingga audio video yang mudah untuk dinikmati. Referensi tersebut hingga pada panduan/pedoman atas hal yang sangat mendasar dan yang paling penting bagi kehidupan manusia diperoleh dari beberapa situs internet. Perkembangan penelitian dalam banyak bidang kehidupan juga tak luput dari penggunaan teknologi komputer.

       Penelitian astronomi terhadap kejadian gerhana bulan atau matahari, banyaknya benda langit yang baru ditemukan, hingga kemungkinan adanya bentuk kehidupan di suatu planet di luar sana tidak terlepas dari teknologi tersebut. Hal yang sangat marak ditemui, adanya layanan kasir dalam pusat perbelanjaan hingga pada toko  atau warung kecil pun banyak yang sudah menggunakan teknologi komputer. Teknologi yang awalnya sebagai media untuk membantu pekerjaan bahkan di beberapa tempat menjadi "tenaga kerja" pokok yang tanpanya, pekerjaan di tempat tersebut tidak akan berjalan.

       Seorang lulusan Teknik Informatika diharapkan dapat menjadi pelopor kemajuan teknologi tersebut di masa selanjutnya. Komputer sebagai sebuah bahan baku hendaknya dimanfaatkan dalam produksi teknik informatika untuk menjadi prosuk yang lebih bermanfaat. Perangkat yang sudah memiliki kapasitas tertentu kiranya dapat diisi dengan program yang bermanfaat bagi banyak kepentingan.


       Merupakan hal yang sangat menarik bagi mahasiswa TI untuk merumuskan beberapa kode suatu program hingga dapat menjadi sebuah aplikasi yang berguna bagi banyak orang. Berawal dari konsep angka 0 dan angka 1 ternyata dapat dihasilkan suatu media bermanfaat. Ya, hanya angka 0 dan angka 1 yang ada dalam konsep komputer. Bagaimana hal itu dapat menjadi media untuk menulis, menghitung, menggambar, meneliti, menganalisis, merupakan hal yang sangat luar biasa.

       Dengan kemampuan sekelas programer, pekerjaan dari banyak instansi menjanjikan akan mengantri menanti. Seandainya berkeinginan untuk tidak terikat, seorang programer dapat bekerja sendiri membuat suatu produk aplikasi yang cukup dilakukan di dalam rumah dengan suasana santai, tanpa baju dinas dan waktu tidak terbatas. Namun dibutuhkan ketekunan dan kejelian yang tinggi dalam melakukan pekerjaannya. Beberapa ikatan terkait dengan hak cipta, privasi, keamanan, dan beberapa kode etik programmer juga harus sangat diperhatikan. Kiranya keahlian apa pun hendaknya disalurkan untuk kebaikan dan tidak disertai dengan perilaku yang merugikan banyak orang.


Konsep 0 - 1 adalah konsep yang paling jujur, pikirkan, renungkan dan jalankanlah...

Previous
Next Post »
0 Komentar