Ngaji Al Jurumiyyah - Baabul I'roob (Postingan kelima)


باب الاعراب

الاعراب هو تغيير أواخرالكلم لاختلاف العوامل الداخلة عليها لفظا او تقديرا


BAB I'ROB

          Bab ini akan menjelaskan tentang i'rob dan beberapa pembagiannya. Kata i'rob dalam bahasa Arab berarti perubahan, menunjukkan. Dalam ilmu nahwu, i'rob didefinisikan sebagai perubahan pada akhir suatu jenis kalimah (baca; kata) yang disebabkan beberapa 'amil (aspek peubah) yang berinteraksi/ masuk pada kalimah tersebut. Perubahan akhir kata ini adakalanya nampak pada ucapan (tulisannya) dan ada kalanya perubahan pada perkiraannya saja.

          Perubahan yang nampak pada lafadzh dapat dilihat pada perubahan harokatnya, misalnya dari dhummah menjadi fathah atau kasroh. Selain pada harokat, perubahan tersebut juga dapat dilihat pada perubahan huruf akhir kalimah tersebut, misalnya dengan penambahan nun, wawu, ya dan sebagainya. Perubahan dalam perkiraan (taqdiiron) tidak dapat dilihat dalam bentuk lafadzh dan tulisan, melainkan dalam sesuatu yang tersembunyi dalam bacaan/lafadzh yang tertulis tetap. Dalam tulisan yang tetap tersebut sebenarnya ada perubahan harokatm namun karena beberapa alasan perubahan tersebut tidak dapat ditampilkan. Sebagai contoh, harokat dhummah pada akhir kata yang berupa huruf ya tidak akan terbaca karena bagi orang Arab, mengucapkan hal tersebut terasa berat/susah. Dhummah tersebut kemudian tidak dituliskan dan tidak dibaca. Namun dalam perkiraan pemahaman mereka, telah diketahui bahwa di dalam huruf ya tersebut terdapat harokat dhummah.

واقسامه أربعة رفع ونصب وخفض وجزم 

          Pembagian jenis i'rob terdiri dari 4 macam, yaitu :
  1.  I'rob Rofa'. Yang dinamakan i'rob rofa' yaitu I'rob yang ditandai dengan harokat dhummah atau tanda yang menggantikannya.
  2. I'rob Nashob. Yang dinamakan i'rob nashob yaitu I'rob yang ditandai dengan harokat fathah atau tanda yang menggantikannya.
  3. I'rob Jar/ Khofadh. Yang dinamakan i'rob jar yaitu I'rob yang ditandai dengan harokat kasroh atau tanda yang menggantikannya.
  4. I'rob Jazm. Yang dinamakan i'rob jazm yaitu I'rob yang ditandai dengan sukun atau tanda yang menggantikannya.

فللاسماء من ذالك الرفع والنصب والخفض ولاجزم فيها

          Dari 4 jenis i'rob tersebut, i'rob rofa', nashob, jar dapat digunakan untuk mengi'robi kalimah isim (kata benda). Hal ini berarti bahwa kalimah isim dapat mengalami perubahan lafadzh berdasarkan ketiga i'rob tersebut sesuai dengan 'amil (aspek peubah) yang mengenainya. Dari ketiga i'rob tersebut, i'rob jar lah yang khusus masuk pada kalimah isim. Karenanya dapat dipastikan, kalimah yang beri'rob jar pastilah kalimah isim. I'rob yang tidak dapat masuk pada kalimah isim adalah i'rob jazm.

وللافعال من ذالك الرفع والنصب والجزم ولاخفض فيها

          Dari 4 jenis i'rob tersebut, i'rob rofa', nashob, jazm dapat digunskan untuk 
mengi'robi kalimah fi'il (kata kerja). Hal ini berarti bahwa kalimah fi'il dapat mengalami perubahan lafadzh berdasarkan ketiga i'rob tersebut sesuai dengan 'amil (aspek peubah) yang mengenainya. Dari ketiga i'rob tersebut, i'rob jazm lah yang khusus masuk pada kalimah fi'il jenis fi'il mudhori' atau amar. Adapun fi'il madhi tidak ditentukan dengan i'rob jazm. Karenanya dapat dipastikan, kalimah yang beri'rob jazm pastilah kalimah fi'il. I'rob yang tidak dapat masuk pada kalimah fi'il adalah i'rob jar.

"Kehidupan ini hanyalah sebuah perubahan, tidak ada hal yang pasti dalam suatu kondisi untuk waktu yang lama (abadi)."

Wallohu a'lamu bish_shawaab..
Bersambung.....


Previous
Next Post »
0 Komentar