Jaringan Komputer



DAMPAK SOSIAL JARINGAN KOMPUTER
Disusun untuk memenuhi tugas mata kuliah Jaringan Komputer
Dosen Pengampu : Ari Kusworo S.Kom.,M.Cs.




Oleh : Jazim Abdillah (TI11505)




UNIVERSITAS MA’ARIF NAHDHATUL ULAMA
FAKULTAS TEKNIK
PRODI TEKNIK INFORMATIKA
2016

BAB I

1.      Latar Belakang Masalah
Teknologi digital yang menggunakan komputer berkembang hingga pada koneksi antara beberapa komputer untuk berbagi beberapa data/sumber daya yang dinamakan sebagai jaringan komputer. Dengan adanya jaringan, beberapa komputer dapat terhubung dan berbagai informasi dan sumber daya. Koneksi beberapa komputer ini tentunya memiliki dampak yang sangat besar. Namun terkadang konsep tentang dampak ini belum dipahami oleh masyarakat, sehingga penggunaan jaringan ini hanya sekedar atau bahkan berlebihan dari yang semestinya. Perlu dipahami dampak baik dan buruk adanya jaringan komputer untuk mewaspadai penggunaan yang tidak baik terhadap kemajuan tersebut.
2.      Rumusan Masalah
Dari latar belakang masalah di atas, penulis merumuskan beberapa masalah sebagai berikut.
a.       Pengerian Jaringan Komputer
b.      Dampak Positif Jaringan Komputer
c.       Dampak Negatif Jaringan Komputer
3.      Tujuan Penulisan Makalah
Berdasarkan rumusan masalah di atas, penulisan makalah ini dimaksudkan untuk mengetahui :
a.       Definisi Jaringan Komputer
b.      Dampak Positif Jaringan Komputer
c.       Dampak Negatif Jaringan Komputer











BAB II
PEMBAHASAN

          1.      Definisi Jaringan Komputer
Komputer merupakan perangkat elektronik yang menerima data digital untuk diproses dalam beberapa program yang akan menghasilkan informasi sesuai dengan program yang dijalankan terhadap data tersebut. Segala bentuk perangkat elektronik yang memiliki konsep data digital dapat disebut sebagai komputer. Menurut Kusworo,Ari (2016) “Komputer adalah semua perangkat yang memiliki chipset”. Definisi singkat tersebut dapat menjelaskan tentang bahwa semua perangkat yang memiliki chip dapat disebut sebagai komputer. Adanya chip menunjukan perangkat tersebut beroperasi berdasarkan konsep data digital.  Sebagai contoh komputer dalam bentuk yang paling sederhana dan banyak dijumpai adalah mesin hitung (kalkulator). Mesin hitung tersebut mengubah instruksi pengguna menjadi data digital yang diolah sesuai dengan program yang dijalankan untuk menjadi sebuah informasi yang ditampilkan pada layar kalkulator.
Komputer yang memiliki fungsi lebih kompleks kini juga sudah banyak dijumpai. Komputer ini tidak hanya melakukan operasi perhitungan namun juga beberapa pekerjaan lain seperti mengetik, menggambar, mengedit, menganalisis dan sebagainya. Ketika komputer tersebut hanya melakukan pekerjaan yang hanya ditampilkan pada perangkat tersebut, maka komputer tersebut masih sekedar sebagai personal komputer yang berarti hanya menghasilkan informasi bagi perseorangan pengguna komputer tersebut.
Komputer selain sebagai media personal, ternyata dapat dijadikan sebagai public komputer, yakni untuk menghasilkan informasi secara meluas dan dapat dinikmati, diakses oleh pengguna perangkat komputer lain. Hal ini dilakukan dengan menghubungkan/mengkoneksikan beberapa komputer. Adanya koneksi beberapa komputer untuk berbagi data, informasi, sumber daya ini dikatakan sebagai jaringan komputer. Dengan adanya jaringan, beberapa informasi akan dapat diakses oleh banyak pengguna sesuai dengan cakupan wilayah jaringan tersebut.

           2.      Dampak Positif Jaringan Kmputer
Adanya koneksi beberapa komputer, memberikan dampak yang sangat positif, diantaranya yaitu,
             a.       Berbagi sumber daya, sehingga menghapuskan masalah jarak. Misalnya seorang pegawai kantor cabang yang berada pada jarak 100 km dari kantor pusat, ia tetap bisa mengambil atau memodifikasi data di kantor pusat tanpa harus pergi ke sana.
             b.      Ketahanan data tinggi, sehingga setelah data disalin ke komputer lain pada jarak ribuan kilometer, resiko rusak/hilangnya data di komputer sumber masih dapat diatasi.
             c.        Menghemat uang. Mikrokomputer semacam PC atau Apple memiliki ukuran yang kecil dan berharga lebih murah dibandingkan komputer lebih besar, seperti mainframe atau superkomputer. Tetapi, mainframe mempunyai kecepatan sepuluh kali lipat dibandingkan mikrokomputer. Untuk itu, dibangunlah sistem komputer yang teridiri dari mikrokomputer-mikrokomputer yang mempunyai kecepatan menyamai mainframe.
             d.       Berbagi hardware. Andaikan di sebuah perusahaan hanya terdapat sebuah printer laser. Maka dengan jaringan, seluruh komputer pegawai yang terhubung ke jaringan kantor tetap bisa menggunakan printer tersebut.
             e.       Keamanan dan keteraturan data. Dengan jaringan komputer, seorang administrator jaringan dapat mengorganisasi data-data penting di kampus atau kantor. Misalnya, data-data penting yang tercecer dan terpisah di setiap departemen dapat disimpan menjadi satu kesatuan data dalam sebuah server back end untuk kemudian direplikasi menjadi beberapa bagian sesuai kebijakan perusahaan. Administrator jaringan pun dapat menentukan dan mengubah orang-orang yang berhak mengakses data-data tersebut.
            f.       Kestabilan dan peningkatan performa komputasi, kinerja aplikasi dapat ditingkatkan dengan cara pembagian tugas komputasi yang disebar pada beberapa komputer di jaringan. Kirimkan Ini lewat Email

            3.      Dampak Negatif Jaringan Komputer
Selain dampak positif di atas, adanya koneksi beberapa komputer yang menjadikan mudahnya akses suatu informasi juga memiliki beberapa dampak negative, diantaranya,
a.       Peningkatan biaya untuk membangun jaringan. Ketika jaringan dalam sebuah perusahaan akan dibuat, diperlukan sejumlah anggaran tertentu, baik untuk konsultasi perencanaan, jasa pembangunan jaringan, dan juga pemeliharaan hardware dan software. Sedangkan bagi pengguna rumahan, biaya yang dibutuhkan relatif lebih kecil tetapi harus dipertimbangkan lebih matang agar jaringan yang dibuat tidak menimbulkan biaya tambahan (overhead) lagi, karena timbulnya beberapa masalah di kemudian hari.
b.      Diperlukan manajemen hardware dan administrasi sistem. Kadang-kadang, hal ini dianggap sepele dibandingkan proses implementasi. Padahal, jika terjadi kesalahan, bisa jadi sistem jaringan harus ditinjau ulang dan bahkan direkonstruksi ulang. Oleh karena itu, diperlukan staf IT berpengalaman dan profesional yang mampu mengerjakannya.
c.       Berbagi file yang tidak dikehendaki. Kemudahan berbagi file bisa mengakibatkan kebocoran data, karena dibaca oleh orang yang tidak berhak mengaksesnya. Oleh karena itu, diperlukan seorang administrator jaringan yang mampu menangani semuanya.
d.      Virus dan hacking. Keduanya telah menjadi momok bagi administrator jaringan, karena jaringan bisa down dan pekerjaan menjadi berhenti.
e.       Cyber crime. Adanya jaringan dan kebebasan mendapatkan informasi kadang disalahgunakan oleh beberapa pihak untuk melakukan tindak kriminal melalui teknologi jaringan komputer seperti penipuan.










BAB III
PENUTUP

            1.      Simpulan
Jaringan komputer adalah koneksi beberapa komputer unruk berbagi, bertukar informasi dan sumber daya agar dapat dinikmati dan diakses oleh banyak pengguna komputer. Adanya jaringan ini memberi manfaat dan dampak positif dalam banyak bidang kehidupan. Namun juga memiliki beberapa kelemahan dan dampak negative yang perlu dipertimbangkan.
       2. Saran
            Hendaknya pengguna komputer menggunakan jaringan dengan bijaksana melihat pembiayaan, perawatan, kebutuhan tenaga ahli yang masih susah untuk didapatkan. Seyogyanya jaringan tersebut juga digunakan untuk kebaikan dan kemajuan kepentingan bersama tanpa mengganggu dan merugikan kepentingan orang lain.





DAFTAR PUSTAKA

1.         Kusworo,Ari.2016.Materi Jaringan Komputer.Diakses pada perkuliahan 4 September 2016
2.         Cahyadi,Hendry.2012. http://tabungartikel.blogspot.co.id/2012/05/dampak-negatif-jaringan-komputer.html. Diakses 4 September 2016



Previous
Next Post »
0 Komentar