Sampingan yang berpotensi




Keseimbangan wawasan dan keterampilan menjadi hal yang sangat diperlukan pada masa sekarang. Seseorang yang terjun dalam kehidupan masyarakat tidak cukup dengan pengetahuan yang luas saja, namun dibutuhkan keterampilan tertentu terutama yang masih jarang dimiliki dalam masyarakat. Selain untuk kerja sama, keterampilan yang dimiliki akan menjadi inspirasi bagi masyarakat untuk berkembang dalam masa selanjutnya.

Selain pelatihan dalam bidang pertanian dan perkebunan, di ponpes At-Tauchid Jogomertan diadakan pelatihan keterampilan membuat sangkar/kandang burung yang pada masa sekarang sedang menekuni sangkar burung dara (merpati). Sangkar/kandang burung merpati sedang menjadi prioritas karena di wilayah kecamatan sedang marak peternakan dan budidaya merpati, terutama merpati balap (perlombaan). Selain alasan tersebut, pembuatan sangkar merpati relatif mudah dan cepat sehingga tidak menyita terlalu banyak waktu belajar santri.

Pembuatan satu sangkar merpati hanya memerlukan waktu sekitar 2 sampai 3 jam saja. Bila sudah profesional pembuatannya tidak memakan waktu hingga 1 jam. Namun dibutuhkan pelatihan yang serius dan ketelitian yang sungguh-sungguh. Bahan dan peralatan yang dibutuhkan cukup sederhana dan sedikit. Bahan pembuatan sangkar merpati ini menggunakan bambu dan beberapa jenis paku. Peralatan yang dibutuhkan hanya gergaji, bor dengan beberapa ukuran mata bor, pisau khusus serta golok. Apabila pisau yang dimiliki sudah berkualitas baik, terbuat dari bahan yang bagus, golok bisa ditiadakan. Sebagai bahan tambahan, disediakan lem khusus untuk kayu (bambu).






Kegiatan sampingan ini diharapkan menjadi keterampilan yang dapat digunakan oleh santri ketika mereka muqim di wilayah masing-masing. Kelanjutan kegiatan ini adalah menjalin kerja sama dalam pemasaran dan peningkatan kualitas keterampilan. Dalam pemasaran, kami masih mencari pihak yang bersedia memasarkan produk tersebut. Karena berupa kegiatan sampingan, kegiatan ini belum menargetkan jumlah produksi dalam waktu tertentu. Adapun peningkatan kualitas akan diadakan pelatihan pembuatan lebih banyak macam kandang burung dengan bahan yang berbeda dan alat yang lebih lengkap. 

Pelatihan ini bukan hanya bagi para santri saja, pihak pengelola membuka kesempatan kepada siapa pun yang berminat untuk belajar dan bekerja sama dalam hal ini. Yang berminat bisa datang dan menghubungi pihak pengurus ponpes untuk belajar dan bekerja sama. Semoga kita bisa maju dan sukses bersama. Aamiin..


Previous
Next Post »
0 Komentar