Trik Internet dengan mode pesawat tanpa WIFI

Akses Internet melalui jaringan haruslah melalui penyedia layanan atau yang dikenal dengan operator seluler. Operator seluler dalam hand phone atau smartphone disambungkan melalui sim card yang dipasang pada hp pengguna. Sim Card akan memberikan layanan internet berbasis GPRS kepada pengguna dengan koneksi pada jaringan operator penyedianya.

          Layanan kartu sim / sim card tersebut menggunakan jaringan radio untuk koneksinya. Kartu sim smartphone terbagi atas layanan GSM dan CDMA. Kedua layanan tersebut dapat menyediakan layanan jaringan GPRS untuk mengakses internet. Untuk hal tersebut, kartu sim akan menyambungkan jaringan melalui jaringan radio. Dalam jaringan radio, layanan yang dapat diperoleh bisa berupa paket data internet atau layanan SMS dan telepon. Untuk mendapatkan layanan SMS dan telepon melalui jaringan radio, kartu SIM harus diaktifkan agar nomor kartu terdeteksi. Hal ini dikarenakan layanan SMS dan telepon menggunakan jaringan GSM atau CDMA yang dapat dikenali hanya melalui nomor identitas kartu yang digunakan/

          Adapun layanan GPRS untuk akses internet akan menggunakan jaringan radio dengan pengenal alamat tersendiri yang disebut sebagai IP (Internet Protocol) yang berarti identitas pengguna layanan internet dalam suatu jarigan tertentu. IP ini akan diperoleh otomatis ketika sebuah perangkat terkoneksi dalam suatu jaringan. Bagi pengguna internet melalui smartpone, tidak dibutuhkan nomor kartu sim dalam mengakses jaringan internet.

          Pengguna internet melalui smatphone dapat menggunakan jaringan wifi tanpa mengaktifkan kartu sim, dan akan mendapatkan identitas IP melalui jaringan tersebut. Hal tersebut tentunya sangat dipahami oleh para pengguna wifi, karena selain tidak memerlukan nomor, baterai smartphone akan lebih hemat bila modus penerbangan diaktifkan ketika menggunakan jaringan wifi.

          Namun pada kali ini, kita akan mencoba menggunakan layanan internet dengan mode pesawat, tanpa jaringan wifi. ASLI melalui smartphone sendiri. Persiapan yang diperlukan adalah :
     1. Smartphone
     2. Kartu SIM
     3, Beberapa instruksi yang akan kami sampaikan.

Langkah-langkah instruksi yang harus dilakukan :
1. Aktifkan mode pesawat pada smartphone
2. Buka menu panggilan, lalu ketik *#*#4636#*#*
3. Klik pada Tampilan : Informasi Sim 1 atau sim 2
4. Pilih menu Type Jaringan yang anda sukai dengan 3G/4G/LTE/GSM/WCDMA
5. Klik menu Hidupkan Radio
6. Pada menu lainnya klik Ennable Data Connection




Pada saat semua langkah terselesaikan, ponsel akan mulai menghubungkan jaringan radio ke GPRS sesuai jaringan yang anda sukai.

Hal yang menjadi catatan untuk diperhatikan adalah kartu SIM anda harus memiliki kuota paket data dan dalam masa aktif. Hal ini karena koneksi internet melalui mode pesawat ini hanya menonaktifkan identitas nomor. Koneksi jaringan internet tetap berjalan seperti biasa, namun nomor anda tidak aktif. Layanan ini memberikan peluang agar anda tidak terganggu dengan SMS dan panggilan ke nomor SIM anda dan lebih hemat baterai karena mengurangi penggunaan layanan kartu SIM. Bila cara semacam ini di chanel youtube dikatakan internet gratis dengan mode pesawat, maka sesungguhnya hal tersebut adalah tidak benar.

Semoga Bermanfaat
Previous
Next Post »
0 Komentar