At-Tauchid Pondoknya, At-Tauchid MTs nya

Gerbang MTs At-Tauchid


       Yayasan pondok pesantren At-Tauchid tidak hanya mengadakan kegiatan pendidikan pondok pesantren saja, namun juga mengadakan kegiatan belajar mengajar secara formal. Pendidikian formal yang diadakan sementara baru pada jenjang pendidikan menengah pertama berupa Madrasah Tsanawiyah (MTs) yang diberi nama sesuai dengan nama yayasan yang menaunginya, yaitu At Tauhid. Awal berdirinya, MTs tersebut pada tahun 60 an tepatnya tahun 1965 bernama Majlis Kuliyyatul Mu'allimin Islamiyah. Majelis tersebut didirikan di atas tanah yang diwakafkan oleh almarhum H. Hisyam. Awalnya MTs tersebut beroperasi dengan berafilial pada MTs Negeri Klirong. Pihak pendiri MTs beliau K.H. 'Abbas kemudian bermusyawarah untuk mendirikan sebuah yayasan. Ketika sampai pada penamaan yayasan, pendiri MTs bermaksud menggunakan nama pondok pesantren At-Tauchid dengan maksud mengintegrasikan MTs ke dalam pondok pesantren yang kala itu diasuh oleh alMaghfurlah K.H. Chabib Musthofa. Gayung bersambut, pengasuh pondok menerima baik dan menyetujui penggunaan nama pondok sebagai nama yayasan dan nama MTs. Sejak itulah yayasan dan MTs bergabung dalam pondok At-Tauchid. Dan sejak 1969 MTs tersebut sudah tidak lagi berafilial dengan MTs N Klirong.

       Sebagai MTs yang berada di bawah yayasan sebuah pondok pesantren, MTs At-Tauchid selain mengajarkan pendidikan umum menengah seperti pada umumnya juga menambahkan materi kurikulum 'ala pondok pesantren. Mata pelajaran muatan lokal di sekolah tersebut diisi dengan materi kitab kuning dan tahfidzh. Untuk kelas VII dan VIII diadakan pembelajaran materi kitab Tiijanud_durori dan materi tahfidzh surat yasin. Adapun kelas IX materi kitab mengguakan kitab Qothrul_Ghoits dan materi tahfidzh surat Al Mulk.

       Selain materi pendidikan 'ala pesantren tersebut, diadakan pula kegiatan 'ala pesantren At-Tauchid. Diantaranya adalah kegiatan sholat dhuha pada tiap pagi waktu dhuha dan mujahadah membaca surat yasin pada tiap hari jumat. Adanya pendidikan muatan lokal dan kegiatan 'ala pesantren tersebut dimaksudkan agar siswa bukan hanya terdidik dalam ilmu umum namun juga terdidik dan terlatih dalam ilmu Agama Islam 'ala pesantrn.

       Kegiatan siswa MTs selain formal di sekolah, direncanakan akan diadakan beberapa agenda kegiatan yang dilaksanakan di komplek pondok pesantren. Rencana tersebut insyaAlloh akan segera berjalan dalam beberapa bulan setelah persiapan waktu, tempat dan tenaga pembimbing telah siap semua.

Salah satu view ruang komputer dari luar
View dari depan kelas VII







Previous
Next Post »
0 Komentar