Sillaturrahim ISMA


       Selesai menjalani peribadahan bulan Ramadhan, seorang hamba yang mengisinya dengan ibadah dengan penuh keimanan dan mengharap ridho Alloh akan diampuni segala dosanya yang telah lewat kepada Alloh. Dalam kaitan perilaku dengan sesama manusia, dosa hamba tersebut belumlah terhapus, karenanya dianjurkan untuk bersillaturrahim Halal Bi Halal kepada saudara, orang-orang yang memiliki interaksi terhadap hamba tersebut. Demikian halnya dengan agenda yang diadakan oleh ISMA, sebuah organisasi yang mewadahi santri muqimin ponpes At-Tauchid Jogomertan Petanahan Kebumen Jawa Tengah pada hari Sabtu tanggal 23 Juli 2016 lalu bertepatan dengan tanggal 18 Syawal 1437 H. Kegiatan sillaturrahim tersebut merupakan agenda tahunan kepengurusan ISMA yang sudah berjalan sejak 10 tahun lalu.
ziaroh maqom AlMaghfurlah K.H. Chabib Musthofa

       Agenda kegiatan sillaturrahim tersebut pada bulan Syawal tahun ini diadakan sehari sebelum acara Haflah lil Ikhtitam pondok pesantren tersebut. Pelaksanaan kegiatan diawali dengan acara ziaroh ke maqam pendiri ponpes, beliau AlMaghfurlah K. H. Chabib Mustofa yang berada pada bagian timur komplek pondok.
       Acara berlanjut pada area halaman pondok pesantren yang juga sedianya digunakan untuk acara haflah keesokan harinya. Di tempat tersebut acara seremonial halal bi halal berlangsung dengan panduan salah satu muqimin sebagai MC. Acara tersebut meliputi sambutan panitia, halal bi halal santri muqimin yang diterima dan dibalas oleh pihak pengasuh. Susunan acara selanjutnya adalah sosialisasi kepengurusan ISMA yang baru dan program kepengurusannya. Acara inti dari pengasuh, beliau K. H. Misbahul Munir mengajak santri muqimin yang hadir untuk mendoakan para santri muqimin yang telah wafat, dan pengajian tentang materi tasawwuf.
MC acara Sillaturrahim ISMA

Penerimaan halal bi halal pihak pengasuh ponpes

Sambutan panitia dan iqror halal bi halal mqimin

Sosialisasi program kepengurusan ISMA

Sosialisasi kepengurusan baru ISMA

Puncak acara Pengajian oleh pengasuh, K.H. Misbahul Munir

Doa penutup

 
       Rangkaian acara seremonial sillaturrahim ISMA diakhiri dengan doa dari pengurus senior ISMA. Sebelum muqimin meninggalkan tempat acara, diadakan pengambilan gambar bersama dengan pengasuh pondok pesantren sebagai dokumentasi kebersamaan meski hanya dari perwakilan sebagian muqimin saja yang berhasil didokumentasikan.





       Semoga muqimin muqimat ISMA senantiasa istiqomah dalam kehidupannya sebagai santri, mengikuti apa yang telah diajarkan oleh almarhum pendiri ponpes dan pengasuh ponpes kini, hingga senantiasa tergolong sebagai murid beliau dan dapat berkumpul bersama para guru mereka kelak di akhirat bersama para Nabi dan Sholihul mu_miniin. Amiin Yaa Rabbal 'aalamiin.
Previous
Next Post »
1 Komentar
avatar

Alhamdulillah pp at tauchid mkin keren...sudah ada blogg e...moga mkin berkembang👍👍👍

Balas