Belajar C++




       Dalam membuat suatu aplikasi sistem komputer, harus menggunakan bahasa pemrograman yang berfungsi untuk menerjemahkan instruksi user agar dapat dikenali dan dipahami oleh komputer. Terdapat banyak bahasa pemrograman yang berkembang di dunia. Beberapa diantaranya sudah jarang digunakan untuk membuat aplikasi. Salah satu yang masih digunakan pada masa sekarang adalah bahasa C++. Bahasa C++ termasuk sebagai bahasa pemrograman tingkat menengah, maksudnya bahasa C dan C++ bisa dipelajari dengan lebih mudah karena mudah dimengerti tetapi mempunyai kemampuan yang tinggi.

       C++ adalah bahasa pemrograman komputer yang di buat oleh Bjarne Stroustrup, yang merupakan perkembangan dari bahasa C dikembangkan di Bong Labs (Dennis Ritchie) pada awal tahun 1970-an, Bahasa itu diturunkan dari bahasa sebelumnya, yaitu B, Pada awalnya, bahasa tersebut dirancang sebagai bahasa pemrograman yang dijalankan pada sistem Unix, Pada perkembangannya, versi ANSI (American National Standart Institute) Bahasa pemrograman C menjadi versi dominan, Meskipun versi tersebut sekarang jarang dipakai dalam pengembangan sistem dan jaringan maupun untuk sistem embedded, Bjarne Stroustrup pada Bel labs pertama kali mengembangkan C++ pada awal 1980-an. Untuk mendukung fitur-fitur pada C++, dibangun efisiensi dan sistem support untuk pemrograman tingkat rendah (low level coding). Pada C++ ditambahkan konsep-konsep baru seperti class dengan sifat-sifatnya seperti inheritance dan overloading. Salah satu perbedaan yang paling mendasar dengan bahasa C adalah dukungan terhadap konsep pemrograman berorientasi objek (Object Oriented Programming).

       

BAGIAN-BAGIAN DALAM PEMROGRAMAN BAHASA C DAN C++


Fungsi main

    Merupakan fungsi yang menjadi inti dari program dan merupakan awal dan akhir eksekusi. Fungsi ini harus ada dalam setiap program. Tanda kurawal buka { merupakan tanda awal fungsi main dan tanda kurawal tutup } merupaka tanda berakhirnya fungsi main.



Prepocessor directive/header file

    Preprocessor directive merupakan suatu pernyataan yang akan diikiutsertakan dalam program, dimana pernyataan tersebut akan di-compile sebelum proses compilasi yang sebenarnya dilakukan.



Deklarasi

    Deklarasi diperlukan bila kita akan menggunakan pengenal (identifier) dalam program.

Identifier dapat berupa variable, konstanta dan fungsi.



Konstanta

    Konstanta merupakan suatu nilai yang tidak dapat diubah selama proses program berlangsung. Konstanta selalu bernilai tetap.



Variable

    Variabel adalah suatu pengenal (identifier) yang digunakan untuk mewakili suatu nilai tertentu di dalam proses program. Berbeda dengan konstanta yang nilainya selalu tetap, nilai dari suatu variable bisa diubah-ubah sesuai kebutuhan.
       

ATURAN UMUM PENULISAN BAHASA  C++

  1. membedakan penulisan huruf besar dan kecil.
  2. Untuk memberi komentar pada suatu statement (keadaan), dapat menggunakan /* di awal dan */ di akhir atau // dalam satu baris.
  3. Awal dan akhir subroutine atau fungsi harus diapit kurung kurawal ({ })
  4. Setiap statement harus diakhiri tanda titik koma, kecuali statement yang diawali oleh tanda kres “#”
  5. Setiap variabel yang digunakan wajib dideklarasikan terlebih dahulu.
  6. Untuk bahasa C setiap melakukan proses input dan outpu data harus selalu menyertakan format datanya, sedangkan di C++ tidak

     

    STRUKTUR PEMROGRAMAN BAHASA C++

    Header file
    Main( )
    {
    Deklarasi;
    Statement;
    }
Previous
Next Post »
0 Komentar