CPU


       Sebuah istilah dalam komputer yang sangat familiar bagi banyak pengguma komputer. Namun banyak diantara mereka yang keliru dalam menggunakan istilah tersebut. Sangat sering didengar kata CPU digunakan untuk istilah dari rangkaian mesin komputer. Ketika seseorang menggunakan komputer, ada yang mengatakan rangkaian mesin yang dikemas dalam sebuah box komputer sebagai CPU yang seharusnya disebut sebagai PC (Personal Computer). Kekeliruan tersebut menjadi hal yang salah kaprah bagi banyak pengguna komputer.

       CPU merupakan singkatan dari Central Procesing Unit atau lebih dikenal dengan istilah Prosesor. Ia adalah salah satu komponen penting dalam rangkaian komputer. Komponen ini berfungsi sebagai otak dari komputer. Tanpa ini, bisa dipastikan komputer tidak dapat dioperasikan. Semua kegiatan operasi komputer pasti melewati komponen ini. Instruksi suatu program akan dibaca dan dianalisis oleh komponen ini dan diteruskan pada perangkat keras yang berkaitan dengan instruksi tersebut. CPU menjadi pusat kontrol semua kegiatan operasional komputer. 

       CPU atau lebih dikenal sebagai peosessor terdiri dari 3 bagian utama yaitu :

          1. CU (Control Unit)

              Bagian ini bertugas mengatur dan mengendalikan semua peralatan yang ada pada sistem komputer. Unit ini mengatur lalulintas data dari memori utama untuk dieksekusi dan hasilnya dikirim kembali ke memori utama untuk ditampilkan pada layar monitor atau perangkat output device yang lain.

          2. ALU (Arithmatic and Logical Unit)

              Bagian ini bertugas untuk melakukan semua perhitungan aritmatika. Tugas lainnya yaitu mengambil keputusan dari suatu operasi logika sesuai perintah program. Jika kita sedang menjalankan suatu program aplikasi  dan ada data yang kurang beres, maka bagian inilah ang akan mengambil keputusan bahwa terjadi suatu kesalahan. Informasi ini diteruskan ke memori utama agar dibuat pengumuman ERROR pada layar tampilan.

          3. Register

              Bagian ini merupakan penyimpanan kecil dengan kecepatan akses yang sangat tinggi. Pada bagian inilah data dieksekusi dan diproses sementara data yang lain masih antri menunggu di memori utama.


Cara kerja CPU

        Pada saat intruksi dimasukkan ke processing devices, di letakkan di RAM, jika berbentuk intruksi maka akan di tampung oleh control unit di program storage. Tetapi, jika berbentuk data maka akan di tampung di working strorage. Jika register siap menerima pengerjaan eksekusi, maka control unit lah yang akan mengambil intruksi dari program storage untuk ditampungkan ke instruction register.

       Ketika sebuah program sedang dieksekusi, maka data akan mengalir dari RAM menuju sebuah unit yang menghubungkan antara CPU dengan RAM. Kemudian, data di decode dengan memakai unit proses sebagai pendekoder intruksi yang mampu menerjemahkan intruksi. Data akan berjalan ke unit aritmatika dan logika. Data dapat disimpan sementara oleh ALU dalam sebuah lokasi memori agar dapat diambil kembali dengan cepat untuk diolah. ALU mampu melakukan operasi tertentu, mencakup penjumlahan, pengurangan, perkalian, dan pengujian terhadap data yang ada dalam register.

        Demikian sedikit pembahasan tentang CPU, semoga dapat bermanfaat.


Previous
Next Post »
0 Komentar