Mading Sekolah, Media Jurnalis Sejak Dini

View papan mading dari depan


       Bakat seorang anak dengan anak yang lain cenderung berbeda. Dengan bakat yang berbeda tentu diperlukan media penyaluran yang berbeda pula. Bakat tersebut sangat penting untuk disalurkan mengingat profesionalisme suatu bidang tidaklah mudah untuk dicapai. Ketika seseorang telah memiliki bakat pada salah satu bidang, diharapkan orang tersebut dapat menjadi tenaga profesional bidang tersebut.

       Dalam bidang keorganisasian, MTs At-Tauchid memberikan fasilitas pendidikan Pramuka dan organisasi OSIS. Dalam bidang seni tarik suara, diadakan ekstra kurikuler tilawah pada waktu sore hari. Untuk seni musik, dibuat grup rebana siswa MTs kelas VII & VIII. Hal yang terbaru adalah pelatihan siswa dalam bidang jurnalis. MTs At-Tauchid mendampingi para siswa untuk mengelola majalah dinding sekolah. Dalam majalah tersebut dapat ditemui beberapa karya tulisan dan karya tangan di pajang di depan ruang kantor guru.

       Kepala MTs, Bapak Suratman S.Pd. mengemukakan harapan beliau akan kreativitas siswa untuk membuat karya yang positif. Ketertarikan siswa dalam salah satu bidang akan mendorong semangat yang positif dan mengalihkan siswa dari keinginan berperilaku menyimpang. Beberapa siswa yang melakukan pelanggaran aturan, bisa jadi karena minat dan bakat siswa tersebut tidak tersalurkan. Dalam keseharian, siswa tersebut menghadapi hal yang tidak menarik baginya.  
 
        Dalam mading MTs, siswa bebas mengirimkan hasil karyanya dalam banyak bentuk pada pihak pembimbing. Karya dapat berupa cerpen, puisi, lukisan pensil, karikatur, informasi seputar pendidikan, komik pendidikan dan sebagainya. Mading akan diupdate seminggu sekali. Pada akhir bulan akan dipilih karya terbaik untuk menerima apresiasi dari pihak sekolah..


        Semoga beberapa media yang diadakan oleh pihak MTs akan dapat mencetak tenaga ahli profesional dalam banyak bidang kehidupan sebagai salah satu jalan kemajuan bangsa dan negara Indonesia..

 
Previous
Next Post »
0 Komentar