MTs At-Tauchid

Papan Nama MTs

          MTs At-Tauchid merupakan sebuah madrasah swasta lanjutan tingkat pertama yang berada di bawah naungan yayasan pondok pesantren. Nama yayasan tersebut mengambil dari nama pondok pesantren yang berlokasi tidak jauh dari madrasah. Pondok pesantren At-Tauchid merupakan lembaga pendidikan ponpes yang mengajarkan ilmu Agama Islam dengan metode kitab kuning dengan menganut paham ahlus sunnah wal jamaah.

          MTs At-Tauchid berdiri pada tahun 60-an dengan nama Majelis Kulliyatul Mu'allimin. Madrasah tersebut menjadi tempat pendidikan favorit pada masa tersebut. Perjalanan madrasah tersebut pada masa itu secara formal menginduk pada MTs Negeri Klirong. Beberapa kurikulum dan metode pendidikan mengacu pada MTs Negeri tersebut.

          Pada periode selanjutnya, pendiri majelis tersebut, almarhum H. Hisyam berinisiatif untuk menggabungkan majelis tersebut dengan pondok pesantren agar dapat berjalan sesuai dengan metode pondok pesantren. Pada tahun 1975 beliau bermusyawarah dengan pendiri ponpes At-Tauchid, alMaghfurlah K.H. Chabib Mustofa agar dapat menintegrasikan majelis tersebut pada pondok pesantren At-Tauchid. Setelah disetujui oleh pendiri ponpes, maka sejak tahun 1980 MTs berdiri sendiri, memisahkan diri dari MTs Negeri Klirong dengan bernaung pada sebuah yayasan yang juga diberi nama At-Tauchid.

          Masa selanjutnya dijalani dengan banyak kemajuan yang cukup baik bagi sebuah madrasah swasta yang bernaung di bawah yayasan. Namun pada 10 tahun terakhir, ada beberapa cobaan yang dihadapi oleh madrasah tersebut sehingga terkesan mengalami sedikit kemunduran. Minat siswa pada kurun waktu tersebut dominan pada sekolah dan madrasah berstatus negeri.

          Pada 2 tahun terakhir, madrasah sedang membuat perubahan dan perbaikan dalam beberapa aspek yang mengalami kemunduran. Beberapa kegitan ekstrakurikuler pilihan mulai ditambahkan dari ekstrakuler wajib untuk meningkatkan kualitas dan menyalurkan bakat serta minat siswa. Beberapa fasilitas yang rusak juga dalam proses perbaikan dan renovasi. Diharapkan MTs At-Tauchid dalam jangka waktu dekat akan segera menjadi MTs yang tidak saja mencetak sumber daya manusia yang pandai, terampil, namun juga berakhlak mulia seperti dalam visi misi MTs.


Gerbang Masuk Sekolah

          Belum lama ini, yayasan At-Tauchid menerima wakaf sebidang tanah dari seorang warga Jogomertan. Direncanakan tanah tersebut akan dibangun fasilitas untuk kegiatan bidang olahraga mengingat MTs pada saat ini belum memiliki tempat untuk melakukan praktik mata pekajaran olahraga. Praktik mata pelajaran olahraga selama ini hanya memanfaatkan halaman sekolah yang masih kurang memadai. Mohon doa semoga hal ini segera terwujud demi peningkatan kualitas siswa.


Previous
Next Post »
0 Komentar