Semangat Dalam Kesederhanaan



          Perkembangan kemajuan dalam suatu bidang harus didukung dengan beberapa aspek, diantaranya adalah fasilitas pendukung bidang tersebut. Tidak jarang keahlian profesional pada akhirnya tidak bermanfaat karena tidak ada fasilitas untuk mengembangkannya. Di tempat berbeda fasilitas sudah memadai, namun tidak ada tenaga ahli yang mampu mengelolanya sehingga fasilitas tersebut tidak bermanfaat.

          Dalam dunia pendidikan, perkembangan kemajuan siswa merupakan hal yang sangat penting mengingat kualitas mereka dibuat sejak dini ketika mereka masih dalam bangku sekolah. Dalam masa tersebut siswa mulai diajak mengenal potensi, minat dan bakat masing-masing. Pada pendidikan selanjutnya mereka tinggal mendalami hal yang menjadi potensi bakat mereka. Dari sinilah kualitas tenaga profesional mulai dibentuk. Ketika mereka tidak mengetahui bakat mereka, maka pada masa berikutnya mereka merasa ragu dan bingung dalam menentukan arah langkah kehidupan mereka.

          MTs At-Tauchid Jogomertan yang berada di bawah naungan yayasan, dengan banyak tantangan berusaha menyalurkan potensi, minat dan bakat siswa-siswanya. Beberapa kegiatan diadakan berdasarkan minat dan bakat siswa melalui penelitian dan usulan dari siswa.

          Para siswa sangat antusias untuk mengadakan kegiatan banyak bidang. Sebagian besar mengetahui dan memahami pentingnya kegiatan yang dilakukan untuk perkembangan dan kemajuan mereka. Dalam beberapa kegiatan, mereka berinisiatif sendiri untuk melakukannya dengan kesempatan dan ketersediaan fasilitas yang ada. Pada waktu dhuha, mereka telah sadar tanpa instruksi segera mempersiapkan diri, berwudhu dan melaksanakan sholat dhuha dengan berjamaah dan ada sebagian yang sholat sendiri karena keterbatasan ruang sholat.



          Pada waktu istirahat, siswa yang memiliki hobi dan minat dalam sepakbola bermain bersama di halaman sekolah menggunakan bola plastik yang mereka beli dari uang sendiri. Sebagian ada yang bermain bulu tangkis dengan bermodal raket dan suttlecock sendiri. Madrasah memang belum dapat sepenuhnya memfasilitasi semua kegiatan para siswa karena keterbatasan sumber daya alam madrasah. Namun hal tersebut tidak menghalangi keseriusan siswa dalam mengadakan kegiatan sesuai dengan minat mereka. Kegiatan tetap berjalan meski dengan kesederhanaan dan keterbatasan.

          Dalam waktu dekat MTs berusaha untuk melengkapi fasilitas yang belum memadai agar kegiatan yang diadakan dapat berjalan dengan maksimal. Semoga Alloh memberikan kemudahan bagi madrasah untuk mencapai hasil yang diharapkan.
Previous
Next Post »
0 Komentar