Ujian Tengah Semester MTs At-Tauchid



          Pada hari ini, Senin 26 September 2016 merupakan hari yang penting bagi para siswa sekolah dasar dan sekolah lanjutan. UTS ( Ujian Tengah Semester ) Gasal sedang berlangsung dimulai pada hari ini. Setelah mengikuti pembelajaran selama 3 bulan, kemampuan dan perkembangan akademis siswa sedang diuji. UTS menjadi hal yang sangat penting untuk mengevaluasi penerimaan materi dari guru kepada siswa. Dari hasil evaluasi akan diperoleh sebuah data informasi untuk menentukan langkah pada kegiatan pembelajaran selanjutnya.

          Seperti halnya sekolah lain di Kebumen, MTs At-Tauchid juga sedang melaksanakan UTS mulai hari ini. Beberapa sekolah ada yang telah mulai melaksanakan kegiatan UTS ini pada minggu-minggu kemarin dikarenakan ada beberapa mata pelajaran muatan lokal yang cukup banyak, sehingga memulai kegiatan UTS mulok mereka sebelum hari ini. Adapun kegiatan UTS mata pelajaran formal dilakukan bersama pada hari ini.



          Ujian pada hari ini dimulai tepat waktu pada pukul 07.00. Mata pelajaran yang diujikan pada hari ini adalah Bahasa Indonesia pada jam 07.00 - 09.00 kemudian istirahat 15 menit. Jam kedua adalah mata pelajaran Alquran Hadits dimulai pada pukul 09.15 - 10.45. Pada jam 11.00 - 12.30 akan dilaksanakan ujian mata pelajaran mulok Kitab setelah istirahat 15 menit dari mata pelajaran kedua.

          Dalam pelaksanaan ujian hari ini semua siswa nampak begitu serius dalam mengerjakan soal. Siswa telah dibekali dengan materi yang memadai dan telah mengikuti beberapa proses latihan menghadapi UTS. Dalam setiap pembelajaran, guru juga menekankan agar siswa mengerjakan soal ujian dengan kemampuan sendiri, pantang menyontek. Hal ini dilaksanakan untuk mengetahui fakta perkembangan pembelajaran yang telah berlangsung. Apabila siswa mencontek, maka tidak dapat diketahui perkembangan kemampuan mereka selama mengikuti pembelajaran. Hal yang lebih penting adalah demi mencetak generasi bangsa yang jujur. Sudah menjadi visi misi madrasah untuk mencetak siswa bukan hanya pandai dalam pengetahuan namun juga berakhlak mulia dalam perilaku kehidupan.



          Meski cuaca mulai hujan ketika ujian baru beberapa saat dimulai, namun sepertinya hal tersebut tidak mengganggu konsentrasi siswa dalam mengerjakan soal. Dalam pelaksanaan UTS hari ini tidak ada siswa yang berhalangan hadir. Mengingat musim yang mulai memasuki musim hujan, Kepala MTs, Bapak Suratman S.Pd menghimbau kepada para siswa untuk menjaga kondisi kesehatan dalam rangka menghadapi ujian. DIharapkan tidak ada siswa yang tidak mengikuti UTS karena kondisi sakit akibat tidak menjaga kesehatan.

Hujan turun ketika ujian dimulai

          Semoga siswa dapat menyelesaikan ujian kali ini dan selanjutnya dengan baik, mendapatkan nilai unggul dengan cara yang jujur.


Previous
Next Post »
0 Komentar