Ngaji Al Jurumiyyah - Kalimah Huruf ( Postingan keempat )


       Jenis kalimah (baca: kata) penyusun kalaam yang ketiga adalah kalimah huruf (kata sambung, kata keterangan). Definisi kalimah huruf yang tidak tertulis dalam kitab ini adalah "kalimah yang menunjukkan makna keterangan dan harus bersamaan dengan kalimah lain" Hal ini berarti kalimah ini mempunyai makna, namun tidak dapat berdiri sendiri. Makna kalimah ini tidak akan sempurna bila tidak disambung dengan kalimah lain. 


       Dikatakan sebagai kata sambung, karena kalimah ini tidak dapat berdiri sendiri, harus disambungkan dengan kalimah lain untuk dapat memiliki makna sempurna. Dikategorikan kata keterangan, karena kalimah ini telah memiliki makna tertentu yang menjelaskan suatu hal. Misalnya menunjukkan keterangan waktu, tempat, kesertaan, dan sebagainya. Dalam maknanya kalimah ini dapat menunjukkan makna benda atau makna pekerjaan, disesuaikan dengan kalimah yang disambungnya. Kalimah ini ada yang dapat disambung pada kalimah isim saja, kalimah fi'il saja dan dapat disambung pada kedua kalimah tersebut. Beberapa kalimah ini yang hanya dapat disambungkan terhadap kalimah isim saja seperti beberapa contoh yang terdapat pada penjelasan tanda kalimah isim. Adapun yang khusus masuk pada kalimah fi'il seperti pada contoh yang terdapat pada pembahasan ciri/tanda kalimah fi'il. Contoh kalimah ini yang dapat disambung terhadap kedua kalimah adalah laa.


Definisi kalimah huruf dalam kitab Al Jurumiyah adalah sebagai berikut :


والحرف ما لايصلح معه دليل الاسم ولا دليل الفعل  


       Kalimah huruf adalah kalimah yang tidak pantas untuk ditandai dengan beberapa tanda kalimah isim dan tanda kalimah fi'il. Ciri kalimah ini adalah ketidakadaan tanda kalimah isim dan kalimah fi'il. Kalimah ini justru menjadi tanda bagi kalimah isim dan kalimah fi'il. Sebagai perumpamaan pemahaman ketidakadaan tanda merupakan tanda bagi kalimah huruf, huruf ج memiliki tanda berupa titik pada bagian bawah/tengah. Sedangkan huruf خ memiliki tanda titik pada bagian atas huruf. Adapun huruf ح ditandai dengan tidak adanya titik. Ketidakadaan titik menjadi tanda bagi huruf ح 

       Bersambung.....



Previous
Next Post »
0 Komentar