Tugas 2

MATA KULIAH : BASIS DATA

UNIVERSITAS MA'ARIF NAHDHATUL ULAMA  (UMNU) KEBUMEN

NIM : TI11505
NAMA : JAZIM ABDILLAH

DOSEN PENGAMPU MATA KULIAH : BAMBANG SUGIANTO S.T.,M.Kom.



       Setelah menentukan tema, tahap selanjutnya adalah membuat data yang pada nantinya akan digunakan untuk referensi beberapa hal yang akan dibuat dalam pemrograman Basis Data tersebut. Sesuai dengan tema Basis Data Muqimin, berikut kami buat contoh data dalam bentuk tabel yang masih standard. Data berikut kami buat secara fiktif, tidak ada maksud melecehkan pihak manapun. Karenanya kami mohon maaf apabila terdapat kesamaan nama atau beberapa elemen dalam data yang kami buat.

       Dari beberapa data pada tabel terdapat beberapa elemen yang memiliki nilai sama. Dari kesamaan elemen tersebut, akan dilakukan normalisasi data, yaitu proses mereduksi beberapa data yang sama. Setelah proses Normalisasi, Tabel di atas akan menjadi seperti di bawah ini.



       Tabel yang memiliki data yang sama, pada kolom jenis kelamin dan status pernikahan, dibuat normalisasi data sehingga cukup untuk ditulis dengan kode saja. Isi dari kode tersebut akan dijelaskan pada tabel proses normalisasi berikut.


       Tabel yang sudah dinormalisasi kemudian dibuat diagram untuk menunjukkan hubungan antara tabel yang sudah dinormalisasi dengan tabel proses normalisasinya. Dari data tabel di atas maka diagramnya akan menjadi :


       Dalam diagram di atas diperoleh "Nomor Induk" sebagai Primary Key dalam Tabel Muqimin. Dalam hubungan Tabel Muqimin terhadap Tabel Jenis Kelamin dan Tabel Status Pernikahan terdapat tanda "N" yang terhubung dengan simbol "1" yang menunjukan hubungan keterkaitan Many to One dari "Kode Jenis Kelamin" yang berlaku sebagai Foreign Key terhadap "Tabel Jenis Kelamin", dan "Kode Status Pernikahan" terhadap "Tabel Status pernikahan".


Diagram hubungan keterikatan antara Tabel Muqimin, tabel Jenis Kelamin dan Tabel Status Pernikahan dapat juga digambarkan dengan gambar seperti berikut.




Demikian postingan kali ini tentang langkah pembuatan Data Muqimin dalam tabel yang dinormalisasi hingga pada pembuatan Diagram hubungan beberapa tabel normalisasi data. Apabila terdapat kekeliruan mohon koreksinya agar dapat diperbaiki hingga dapat menunjang kesuksesan pembuatan program ini.
Terima Kasih.



Previous
Next Post »
0 Komentar