Rapat Pleno MTs At Tauchid

Rapat Pleno MTs At Tauchid

           Pada hari ini, 20 September 2016 MTs mengadakan rapat pleno wali murid kelas 7, 8 dan 9 yang menggunakan 2 ruang kelas. Acara tersebut merupakan agenda tahunan tiap tahun ajaran baru. Pada tahun ajaran 2016/2017 ini kegiatan tersebut agak terlambat dari waktu biasanya karena beberapa halangan teknis yang sedianya agenda tersebut dilaksanakan awal bulan pertama tahun ajaran baru.




           Acara tersebut diawali dengan pembukaan dengan bacaan tahlil yang merupakan tradisi pondok pesantren salaf. Hal ini dilakukan mengingat MTs merupakan lembaga pendidikan yang terintegrasi dengan pondok pesantren salaf At-Tauchid. Tahlil yang dilaksanakan sebagai bentuk doa bagi para pendiri pemrakarsa yayasan MTs dan ponpes At-Tauchid. Acara dilanjutkan dengan sambutan dari kepala MTs, Bapak Suratman S.Pd. Dalam sambutannya, beliau memberikan laporan beberapa kegiatan yang telah berjalan lengkap dengan laporan pertanggungjawaban dana operasional sekolah. Beliau juga mengumumkan tentang adanya bantuan dana BSM bagi siswa dan teknis pengambilan serta laporan pertanggungjawabannya terhadap pemerintah.

           Hal lain yang disampaikan oleh kepala MTs adalah tentang pembentukan ekstrakurikuler wajib dan ekstrakurikuler pilihan yang sudah dan akan segera berjalan. Pembentukan kegiatan ekstrakurikuler tersebut merupakan bentuk kegiatan di luar kegiatan formal sekolah. Untuk operasional kegiatan ekstrakurikuler tersebut, wali murid dimintai kerjasama dalam menyediakan fasilitas operasionalnya. Ekstrakurikuler tersebut merupakan program wajib pemerintah bagi semua sekolah, namun untuk operasional kegiatan tersebut, pemerintah tidak menyediakan dana. Dalam musyawarah tersebut disepakati dana untuk ekstrakurikuler adalah Rp. 40.000,00 per tahun.

         



           Kepala Desa yang juga merupakan ketua komite sekolah memberikan sambutan setelah sambutan kepala MTs. Dalam sambutannya, Bapak Suharto menghimbau kepada wali murid untuk turut serta memberikan perhatian serius demi kemajuan pendidikan para murid. Hendaknya permntaan bantuan dana tidak dirasakan sebagai beban, karena hal tersebut merupakan jalan bagi kemajuan putra-putri mereka. Apabila hendak membandingkan nominal, maka nominal yang harus ditanggung wali murid masih sangat sedikit dibandingkan sekolah lain. Harapannya, bukan banyak dan sedikitnya nilai nominal yang haeus dibayarkan melainkan kemanfaatan dana tersebut. Beliau juga mengemukakan kebanggaan beliau yang merupakan alumni MTs At-Tauchid. Meski sekarang MTs belum sepenuhnya maju namun beliau optimisbahwa ke depan MTs At-Tauchid akan menjadi MTs yang maju dalam banyak bidan pendidikan.

Sambutan Ketua Komite Sekolah


Demi memberikan penjelasan sambutan yang lebih jelas dan lebih dekat dengan wali murid, Ketua komite tersebut berdiri di tengah ruangan yang memisahkan 2 ruang kelas.


          Sesi diskusi dan tanya jawab menjadi acara sebelum penutup. Dalam diskusi tersebut disampaikan usulan tentang data kwitansi setiap pembayaran yang disertai kekurangan tanggungan pembayaran. Hal ini sebagai antisipasi bila ada siswa yang meminta uang pada orang tua yang kemudian tidak dibayarkan oleh siswa tersebut dan sebagai pengingat bagi orang tua atas tanggung jawab mereka. Acara rapat pleno ditutup dengan doa pada pukul 10.45.




Semoga semua kesepakatan dan program yang diadakan oleh MTs At-Tauchid dapat berjalan lancar dan memberikan manfaat besar bagi semua pihak, terutama siswa-siswi MTs At-Tauchid.


Previous
Next Post »
0 Komentar