Khaul Ikhwan Thoriqoh



          Pada hari selasa besok, Ponpes At-Tauchid akan mengadakan khaul untuk mendoakan semua anggota jam'iyyah thoriqoh Qodiriyah wa Naqsyabandiyah As Sanusiyah yang telah wafat. Acara tersebut merupakan agenda tahunan yang telah ada sejak masa pendiri ponpes, AlMaghfurlah K.H. Chabib Musthofa. Acara tersebut sebagai salah satu bentuk perhatian dari pengasuh terhadap para ikhwan yang telah wafat mendahului.

          Pada hari ini, nampak banyak kesibukan di kompleks pondok dan masjid ponpes untuk persiapan acara tersebut. Beberapa ikhwan thoriqoh turut serta membantu proses penyembelihan kambing dan ayam jago untuk keperluan konsumsi esok hari dibantu oleh beberapa santri yang sudah berpengalaman. Di bagian lain, di dapur Ibu-ibu anggotajam'iyyah juga turut sibuk memulai beberapa persiapan konsumsi yang dibutuhkan. Lokasi acara besok pagi, di halaman onpes nampak sudah dipasang tarub dan disediakan banyak kursi.






          Kegiatan khaul pada esok hari diagendakan berupa pembacaan tahlil untuk mengirim doa kepada para almarhum ikhwan thoriqoh yang akan dilanjutkan dengan pengajian oleh K. Kholid Mazhuri dari Kemangguan kecamatan Alian kabupaten Kebumen. InsyaAlloh acara akan dimulai pada pukul 9 esok hari. Biasanya acara tahunan ini diadakan pada bulan Muharram, namun pada tahun ini diundur diadakan pada tanggal 1 Shafar karena beberapa kesibukan agenda pada bulan Muharram ini.

          Pada nanti malam, seperti pada malam setiap akan mengadakan khaul, diadakan tawajjuh khotmul Khawajikan dan pembacaan manaqib Syekh Abdul Qodir Al Jilani. Hal ini sebagai ciri kegiatan ikhwan thoriqoh yang memang sangat erat dengan pembacaan manaqib. Pada kesempatan khaul kali ini, panitia mengadakan acara tersebut dengan sederhana, karena pada bulan Shafar ini, pihak pengasuh dan ponpes akan mengadakan khaul wafatnya AlMaghfur laha Ibu Nyai Munawwarotun, istri AlMaghfurlah K.H. Chabib Musthofa.

          Acara tersebut bersifat umum bagi siapa saja yang hendak mengikuti. Bagi para pembaca yang hendak mengikuti acara tersebut baik untuk acara nanti malam atau esok hari dipersilakan untuk datang. Semoga acara pada esok hari dapat berjalan dengan lancar, dan para ikhwan thoriqoh yang telah wafat diberikan ampunan dan kelapangan di dalam kubur mereka. Aamiin..


Previous
Next Post »
0 Komentar