Dokumentasi acara Khaul Jam'iyyah

Pengajian oleh K.Kholid Mazhuri
Pada hari ini, seperti telah dituliskan dalam artikel lain di blog ini diadakan acara khaul untuk mendoakan para anggota jam'iyyah thoriqoh, khususnya thoriqoh qodiriyah wa Naqsyabandiyah As Sanusiyah. Dalam acara yang bertempat di halaman masjid ponpes At-Tauchid ini dibuka dengan bacaan tahlil yang diimami oleh pengasuh ponpes sekaligus mursyid thoriqoh, beliau K.H. Misbahul Munir. Dalam acara tersebut beliau membaca daftar nama ikhwan thoriqoh yang telah wafat dan mengirim doa tahlil bagi mereka semua. Selanjutnya beliau juga menyampaikan beberapa hal terkait thoriqoh, salah satunya mengenai perjalanan seorang saalik yang merupakan salah satu awal dari proses majdzuub kepada Alloh ta'aala.


Pembacaan tahlil dan pembahasan materi thoriqoh oleh pengasuh



Acara dilanjutkan dengan beberapa sambutan, dari panitia dan pemerintahan desa Jogomertan. Selanjutnya adalah pembacaan ayat suci AlQuran yang dibaca oleh Saudara Anhaarul 'Ulum. Acara yang menjadi inti yaitu pengajian oleh beliau K.H. Kholid Mazhuri dari kecamatan Alian kabupaten Kebumen. Pada awal pengajian, beliau menyampaikan tentang sikap dermawan, kemudian diikuti pembacaan sholawat dengan harapan mendapatka syafa'at Nabi Muhammad SAW. Beliau juga membahas perihal thoriqoh diantaranya tentang amalan dzikr Laa ilaahaillalloh yang merupakan wirid pokok thoriqoh Qodiriyah wa Naqsyabandiyah.

Pada kesempatan sebelum pengajian, Pembicara sempat transit di kediaman pengasuh dan membahas banyak hal tentang thoriqoh secara mendalam. Beliau yang merupakan seorang mursyid thoriqoh Qodiriyah wa Naqsyabandiyah juga membahas tentang sumber thoriqoh beliau yang sama dengan pengasuh ponpes. Beliau menjelaskan sejarah Syeikh Abdul Qodir Al Jilani yang berusia lebih tua dibanding Syeikh Muhammad Bahaa_uddin An Naqsyabandi. Usia Syekh Abdul Qodir adalah 91 tahun, Syekh Naqsyabandi adalah 55 tahun dan terlahir 150 tahun setelah Syekh Abdul Qodir.


Sillaturrahim K.Kholid Mazhuri di kediaman Pengasuh

Acara pada hari ini berjalan dengan lancar dan ditutup dengan doa oleh K. Ahmad Durjani. Semoga materi pada hari ini dapat diamalkan oleh para mustami', dan semoga ikhwan thoriqoh yang telah wafat mendapat ampunan dan kelapangan di dalam kubur mereka. Aamin.


Previous
Next Post »
0 Komentar